Selasa, 18 Januari 2011

Menjauhkan Perpisahan dari Hubungan Anda

Photobucket


Jika telapak tangan terbuka saat bicara tandanya ia membuka diri.

Janji untuk selalu bersama dalam segala keadaan hingga akhir hidup tidak semudah yang dibayangkan. Hidup sesudah pernikahan tidak seperti apa yang disebut di dongeng, "hidup bahagia selamanya". Justru berbagai macam cobaan dan kenyamanan yang membuat lengah boleh menjadi akar perpisahan. Apa saja yang perlu diperhatikan untuk memastikan hubungan Anda bebas dari kata perpisahan?

Menurut pengamatan, bulan Januari adalah bulan paling banyak orang minta bercerai dari pasangannya. Lynn Toler, pengarang My Mother's Rules: A Practical Guide to Becoming an Emotional Genius sekaligus pembawa acara Divorce Court, berkongsi tips untuk menjaga hubungan tetap berlangsung kuat dan harmonis.



Yang klise tapi benar
Mungkin komunikasi merupakan hal yang paling klise yang boleh dinasihatkan agar sebuah hubungan boleh berjalan dengan langgeng. Namun, klise itu, menurut Toler, ada karena sebuah alasan, komunikasi itu sangat penting. Ia menyarankan agar para pasangan tetap bicara, bicara, dan terus bicara.

Tapi jangan asal
Disarankan Toler, saat Anda bicara, patuhi tiga rambunya:
1. Tunggu hingga pasangan Anda siap. Jangan mencoba menjelaskan sesuatu yang bermakna penting di tengah-tengah argumen.
2. Mulai di titik yang sama dengannya. Saat si dia yang memulai percakapan, Anda boleh coba mulai dengan menyatakan ulang perkataannya agar si dia tahu bahwa ia didengarkan dan paham bahwa Anda tahu posisi dia.
3. Lalu, dengan perlahan utarakan titik pandang Anda dan pilihan cara berkomprominya.

Fahami perbedaan
Seperti kita ketahui, lelaki dan wanita itu berbeda, termasuk dalam cara pandang dan berkomunikasi. Toler memberikan contoh, hanya karena Anda tidak sedang merasa haus, bukan berarti pasangan Anda tidak perlu cairan. Contohnya, secara umum perempuan lebih banyak bicara ketimbang lelaki. Jadi, perlu dijembatani seberapa banyak kata yang ia boleh gunakan dan mulai banyak menyediakan telinga untuk mendengarkan pasangannya lebih banyak.

Pantau keuangan
Jangan abaikan perhitungan kewangan. Ini masuk dalam hal yang penting. Tulis dan catat seberapa banyak yang masuk dan yang keluar. Pastikan Anda masih punya sisa untuk ditabung demi hari tua.

Jangan lupakan romansa
Setelah memiliki anak, pasangan sering melupakan romansa dan kenyamanan untuk bersama. Malam kencan dan waktu untuk sendiri meningkatkan zat kimia dalam otak untuk jatuh cinta berulang-ulang kepada orang yang sama. Beri waktu diri Anda untuk merindu si dia sesekali. Lalu, buat malam spesial bersamanya.

Jangan lari dari dunia nyata
Sudah tak terhitung banyaknya orang yang jatuh cinta kepada orang lain lewat media teknologi. Saat keadaan sedang tidak nyaman di rumah, sangat mudah untuk kita lari ke dunia maya dan memulai percakapan yang nyaman. Salah satu alasan mengapa cinta virtual itu terasa amat nyaman dan mudah adalah karena hal itu terlihat tidak nyata. Akan tetapi, begitu Anda merasa nyaman dan menyambung, kadang sulit untuk melepaskan diri darinya.

Ganti metode pendekatan
Perhatikan topik argumen yang sering membuat Anda dan dia memanas. Kebanyakan adalah hal yang sama dan berulang-ulang. Jika ada satu topik yang sama dan berulang, padahal Anda sudah jengah karena belum juga menemukan titik temu, jangan menyerah dulu. Coba cari metode lain atau ganti kata-kata yang Anda ucapkan.

Tak usah diumbar
Jangan mengeluhkan kehidupan pernikahan Anda kepada orang-orang yang umumnya tidak bahagia dengan kehidupan mereka sendiri. Takutnya ia akan memberi saran yang salah.

Waspada
Jangan lengah dengan keadaan dan zone nyaman (comfort zone) yang Anda dan ia ciptakan. Pernikahan seperti menjadi orangtua, sebuah pekerjaan yang tiada henti. Terserah Anda mau membuat pernikahan itu berhasil dan membuat "tempat kerja" Anda itu jadi nyaman bersama orang tersebut atau tidak. Selalu pastikan Anda mengerti perkembangan dan penurunan dari hubungan Anda. Jangan lengah.


Editor: Nadia Felicia


Sumber: Glo
http://female.kompas.com/read/xml/2011/01/10/13133276/menjauhkan.perpisahan.dari.hubungan.anda



Tiada ulasan: